[ REVIEW ] NOVEL DALAM KURUNG BY HADITHA


DALAM KURUNG BY HADITHA
PENERBIT @BUKUNE



"Akan datang malam yang pekatnya lebih dari oli motor kadaluwarsa. Pandangan tidak tembus kemana-mana. Dan kalian akan menyaksikan pasukan tak kasatmata saling bertempur. Ada yang hitam ada yang putih. Saranku, kalau malam itu tiba, kalian jangan keluar rumah."


Ramalan dari Mbok Sasih, orang yang terkenal akan ramalannya yang kontroversial dikalangan masyarakat Kebonagung akhirnya terjadi. Malam itu akhirnya tiba, malam yang disebut-sebut akan menjadi malam kedatangan para makhluk dari dunia lain.

Banyak orang yang tak percaya dengan apa yang dikatakan Mbok Sasih mengenai makhluk gaib, namun ketika malam itu tiba, tidak ada satupun orang yang menyangka bahwa malam itulah awal dari kejadian maha dahsyat bermula. Makhluk-makhluk yang tak seharusnya bebas, akhirnya terbebas dari dimensi lain yang sudah terlanjur terbuka.

Dalam Kurung tidak hanya menceritakan tentang macan loreng berwarna putih yang menjadi cover dari buku ini. Tapi lebih dari itu, buku ini menyajikan cerita-cerita yang tak asing kita dengar dikalangan masyarakat yang memang masih percaya akan adanya makhluk gaib. Sepanjang cerita, aku dibuat merinding dengan kejadian demi kejadian yang dialami oleh para tokohnya.

Terlebih ketika aku membaca part dimana ternyata banyak usaha yang menggunakan bantuan jin dalam upaya memperlancar bisnisnya. Ternyata memakai jasa seperti itu sungguh mengerikan.

Ternyata, bebasnya makhluk-makhluk gaib di dunia manusia ada hubungannya dengan Nuansa. Sahabat masa kecil Djabrik yang pergi ke Riau sejak tragedi berapi dua tahun lalu.

Djabrik yang begitu merindukan Nuansa pun merasa tak percaya bagaimana sosok Nuansa, sahabat sekaligus gadis yang dicintainya tiba-tiba keluar dari bukaan hitam di rumpun bambu.

Ternyata Nuansa datang tidak hanya sekedar ingin mengabari Djabrik mengenai keadaannya di Riau dan apa saja yang ia lakukan. Melainkan membawa kabar yang berhasil membuat tubuh Djabrik langsung bergetar hebat karena katakutan.

Kabar yang dibawa Nuansa pun satu persatu menjadi kenyataan--yang sayangnya sungguh tak ingin dipercayai oleh Djabrik. Namun melihat bagaimana keganjilan yang dirasakannya perlahan menjadi kenyataan, Djabrik pun berpikir bahwa Nuansa bukanlah gadis yang seperti dikenalnya dulu, Nuansa berbeda.

Tidak hanya bertemu dengan sosok Nuansa dan Djabrik saja, ada tokoh-tokoh lain yang memegang peran penting dalam cerita ini, yaitu Tri Darma dan Elsa.

Jujur, disepanjang cerita aku selalu menantikan moment antara Tri Darma dan Kodam (penjaganya). Walaupun interkasi keduanya terasa mistis, akan tetapi entah kenapa terasa begitu manis buatku. Cmiiw. Begitu juga dengan rayun-rayuan maut Djabrik ke Elsa, bikin suasanya dalam buku ini jadi lebih cerah.

Aku juga sering membayangkan interaksi antara Tri Darma dan si macan saat di puncak bogor dekat pohon dimensi. Itu aku senyum-senyum sendiri, wkwk. Manis aja gitu. Duuh *blushing*

Aku juga cukup puas dengan ending di buku ini, terasa plong. Tapi disatu sisi aku dibuat penasaran (lagi) sama kelanjutan kisah dari Tri Darma selanjutnya.

Semoga proses penulisan buku selanjutnya lancar ya kak Adit. Aamiin. Gasabar pengen ketemu Tri Darma dan Kodam nya yang baru. :)

So, buat kalian yang suka sama cerita yang bergenre fiksi horor, Dalam Kurung bisa menjadi bacaan yang sangat aku rekomendasikan untuk kalian. Atau buat kalian yang suka parno-an atau takut sama hal-hal yang berbau gaib, Dalam Kurung bisa nih dijadiin bacaan buat menguji sudah sampai tingkat mana ketakutan kalian sama hal-hal yang berbau gaib. Tapi kalau kalian tiba-tiba takut, jangan sampai lempar bukunya ya, takutnya nanti kendi-kendi yang berisi di dalam buku ini pecah semua, jadi pada keluar tuh nanti makhluk-makhluk berwujud mengerikan di dalamnya. :')

So finally! Dengan adanya postingan di blog ini--itu artinya berakhir sudah perjumpaan kita dalam Book Tour novel Dalam Kurung karya kak Haditha ini. Eitss berakhir di akunku dan kak @g_lacita bukan berarti itu berakhir ya, kalian masih bisa kok pantengin booktournya di akun instagram kak @deto_khan & @cindyrama.j

So, pantengin terus akun mereka ya. Karena keseruan BookTour Dalam Kurung masih akan terus berlanjut sampai dua minggu kedepan di akun-akun kakak bookstagram yang lain. Sampai jumpa di BookTour selanjutnya ya! Cheers ;)


Komentar

  1. Kayaknya ini salah satu novel bagus nih...
    Salam kenal, Kreta Amura

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, salah satu novel dengan genre horor klenik jawa. salam kenal juga.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

[ REVIEW ] NOVEL LOTTA LOVE BY ANDHYRAMA

[ REVIEW ] NOVEL SURAYA BY NAFI'AH AL MA'RAB

[ REVIEW ] NOVEL INVALIDATE BY FARADITA