[ REVIEW ] NOVEL LOTTA LOVE BY ANDHYRAMA


LOTTA LOVE
BY ANDHYRAMA | BRAINSTORMINC



Ohalo yurebun. Apa kabar, hehe. Balik lagi sama aku dalam rangka #KuliKulikBuku bersama kakak gengs @booktourian dan kakak host yang lainnya. Oke tanpa basa basi, kali ini aku bakal ngajakin kalian buat membahas salah satu buku terbitan Brainstorminc karya kak Andhyrama yang berjudul Lotta Love. Ini buku pertama kak Andy yang aku baca, pengen sih baca yang Losta Connecta tapi masih belum punya...ehm you know lah what i mean. 😂.


Oke seperti #KulikKulikBuku sebelumnya, mari kita simak dulu identitas buku dan blurnya ya. Let's Cek!


[ I D E N T I T A S ]

Judul: Lotta Love
Pengarang: Andhyrama
Penerbit: Brainstorminc publishing
Cetakan pertama: oktober 2018
Bahasa: indonesia
Desain sampul: Anita Bong
Tebal buku: 319 halaman
ISBN: 978-0-6482048-1-7
Rate: 13+



[ S I N O P S I S ]


Pat, Debby, Amel dan Gea adalah cewek-cewek yang tidak disukai di sekolah. Pat terlalu judes, Debby kelewat centil, Amel sangat mistis dan Gea sok serius.

Kalau bukan ekskul musik, dunia mereka mungkin tidak akan pernah bersinggungan.

Menjelang kelulusan, Debby ngotot mengajak tiga sahabatnya tampil di pensi. Tapi, hal itu justru menjadi awal mula bencana.

Nyatanya, masing-masing menyimpan rahasia: harga diri, cinta dan luka masa lalu. Ketika satu demi satu terkuak, seketika tercipta jarak di antara mereka.

Keempatnya kembali mempertanyakan diri: sebenarnya, selama ini persahabatan macam apa yang sudah mereka jalani?


[ U L A S A N ]

Membaca blurb/sinopsisnya saja sudah membuat aku penasaran gimana ceritanya. Cerita tentang empat orang sahabat yang bermula dari ketidak sukaan. Namun pada akhirnya ekskul musik mempersatukan mereka satu sama lain; Pat, Debby, Amel dan Gea. Murid SMA yang sedang memperjuangkan kelulusan agar bisa masuk universitas favorite bersama-sama. Namun hal lain terjadi, masalah demi masalah datang menghampiri mereka. Mulai dari masalah keluarga, sahabat, hingga cinta masa lalu. 


Kak Andhy berhasil bikin aku mesem-mesem membaca cerita ini, khas remaja banget. Aku jarang banget baca buku yang mengupas tuntas tentang problematika remaja pada umumnya, mungkin ini salah satunya. Aku suka banget gaya kepenulisan kak andhy. Rapi banget. Aku hampir tidak menemukan typo di setiap lembarnya. Oleh karena itu, aku sangat menikmati cerita ini. Sampai-sampai nih ya, aku bacanya cuma satu malam. Serius. Satu malam. Ceritanya ngaliiiiiir banget, nggak terasa aku udah ada di akhir cerita. Aku bener-bener suka banget sama Lotta Love. 😍

Salah satu yang bikin aku suka banget sama Lotta Love adalah ilustrasinya. Aku menemukan banyak banget ilustrasi menggemaskan di setiap partnya. Jadi nggak bakalan bosen pas baca, apalagi bagi teman-teman yang suka banget sama ilustrasi di novel. Fix Lotta Love rekomended! 

- Sudut pandang: 

Dengan menggunakan sudut pandang POV 3/orang ketiga serba tahu, kak Andhy berhasil mengeksplore semua tokoh di dalam cerita.

- Gaya bahasa:

Ini nih yang bikin aku enjoy banget saat membaca Lotta Love. Gaya bahasa nya yang 'ramah' sudah pasti berhasil membuat siapa aja yang baca pasti bakalan suka dn enjoy menikmati ceritanya. Gaya bahasa yang nggak kaku dan lebih ke khas remaja pada umumnya membuat cerita ini sangat 'bersahabat' di aku.

- Quotes:

Bagi kalian yang suka sama quotes/penimbun quotes, Lotta Love mempunyai segudang Quotes yang ajib banget sodara. Quotes tersebar hampir di setiap lembar menuju part berikutnya. Aku suka banget semua quotes di dalam novel ini; menyentuh, menohok, dan membangkitkan smenagat. Seperti quotes ini:

"Di setiap janji, pasti ada pengorbanan buat mencapainya."

"Keyakinan diri saja tidak punya, bagaimana bisa punya ambisi?"

"Sahabat itu, tidak merasa dirinya lebih baik dari sahabatnya, tidak menyepelekan kemampuan sahabatnya, tidak memilih menghancurkan mimpi bersama demi mimpi sendiri."

"Untuk menghindari patah hati hanya ada satu cara, yaitu dengan tidak jatuh cinta."

Dan masih banyak lagi, pokoknya quotes tersebar dari bab pertama sampai bab terakhir. Jadi bagi kalian yang sangat menyukai quotes, harus punya buku ini.

- Typo:

Alhamdulillah sepanjang membaca cerita ini, hamba tidak menemukan typo. Ini nih salah satu faktor kenapa konsentrasi aku pas baca cerita ini nggak buyar, yaaa karena nggak ada typo nya. Ehehehe. 

- Tokoh:

Aku suka banget sama semua tokoh di cerita ini, semuanya mempunyai porsi masing-masing yang nggak terkesan dipaksakan. Tapi aku paling suka sama tokoh Pat, Debby dan Darien. Aku suka banget sama Darien ya ampuuun. Si cogan yang bikin hati hamba tercecer kemana-mana nggak tahu dimana. Please aku suka banget sama Darien. 😍😍

Cerita ini memberikan arti dalam banget buat aku. Bahwa yang namanya sahabat tetaplah sahabat. Tidak akan pernah berubah sampai kapanpun. Sahabat adalah orang yang merasa sama, orang yang mau berjalan bersama meski ada halangan besar di depan. Bukan memilih meninggalkan satu sama lain hanya demi ego sendiri.

Sekian review di blog kali ini, jangan lupa buat ikuti Daily Review novel Lotta Love di instagram bersama aku ya. Start hari senin, jangan sampai ketinggalan ya. 😉

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[ REVIEW ] NOVEL SURAYA BY NAFI'AH AL MA'RAB

[ REVIEW ] NOVEL INVALIDATE BY FARADITA