[ REVIEW ] NOVEL DEAR LOVELY BROTHER KENAN BY KINCIRMAINAN


DEAR LOVELY BROTHER KENAN
BY KINCIRNAINAN | AKSARAPLUS



[ I D E N T I T A S ]

Judul: Dear Lovely Brother Kenan
Penulis: Kincirmainan
Penerbit: Aksaraplus
Cetakan: Agustus 2018
ISBN: 978-602-5884-06-1
Harga: Rp98.000,- (harga pulau jawa)
Ketebalan buku: 391 halaman
Bahasa: Indonesia


[ S I N O P S I S ]

Kenan memutuskan kembali ke indonesia setelah lima tahun hidup di jepang dan memasrahkan adik-adiknya kepada seorang ayah yang justru lebih sering tinggal bersama binatang buas di alam liar dibanding keluarganya di rumah.

Saat berharap akan disambut manis oleh keempat adiknya di bandara, ia justru mendapat kabar bahwa ayahnya meninggal dalam kecelakaan, hari itu juga.

Sebagai sulung dari lima bersaudara, Kenan terpaksa menjadi kepala rumah tangga.

Dia harus menghadapi si kembar Kenang dan Kanaya yang berubah jadi remaja punk, si bungsu Kefan yang gemar mengecup bibir untuk membangunkan tidur seseorang, dan Kal-el yang suka merebut apa pun milik Kenan, termasuk mantan kekasihnya, Moza.

Bagaimana cara Kenan memperbaiki kesalahannya lima tahun lalu, dan menyatukan kembalu keluarganya yang bercerai-berai?

Dan, apakah dia berhasil menemukan pengganti Moza?


[ U L A S A N ]

Dear Lovely Brother Kenan merupakan novel pertama kak Kincirmainan yang aku baca, dan ini salah satu pengalaman luar biasaku membaca karya beliau. Aku suka sekali sama cerita ini. Buku ini juga aku nobatkan menjadi salah satu buku terbaik ditahun 2018 bertema keluarga yang aku baca. Kalian harus baca, so rekomended!

Tema: dengan mengusung tema keluarga, kak Kin berhasil menciptakan suasana keluarga yang sungguh jauh di luar ekspektasi pembaca. Dimana suasa keluarga yang kita damba-damba jauh di buku ini. Pertama kali aku membaca sinopsis dari buku ini aku berpikir, kayaknya buku ini bla bla bla. But, BOOM!! Aku nggak pernah menyangka kalo ternyata aku mendapat kejutan luar biasa dibuku ini. 

Sudut pandang: dibuku ini kak Kin memakai sudut pandang orang pertama, yaitu Kenan. Dimana semua yang ada pada diri Kenan dari dia masih berada di indonesia sampai di jepang dan balik lagi ke indonesia semua dikupas dengan penggunaan sudut pandang Kenan.

Gaya bahasa: gaya bahasa yang digunakan dibuku ini terkesan easy, kita sebagai pembaca merasa enjoy menikmati cerita karna gaya bahasa yang khas kak Kin, terkecuali Kenan. Karena dia seorang kakak sulung/pertama, ia berusaha memberikan edukasi kepada adik-adiknya agar berkata sopan, terlebih kepada orang tua. Kenan sopan banget dibuku ini. 

Karakter: penggambaran semua karakter dibuku ini tu kuat banget dan punya porsi masing-masing yang nggak terkesan dipaksakan. Apalagi sosok Kefan, si kecil yang gemar mengecup bibir untuk membangunkan tidur seseorang. Aku gemesh banget sama Kefan.

Plot twist: ini nih yang bikin aku merinding, plot twist nya parah parah parah!! Bener-bener berhasil bikin aku merinding. Otidaaak!!! Aku rasanya kayak sekelek biji badak sama plot twist cerita ini. Kereeen!!

Typo: hampir disemua halaman aku tidak menemukan kesalahan kata dibuku ini, itu cukup bagus. Mengingat typo sering sekali membuat konsentrasi membaca aku jadi buyar. Tapi alhamdulillah, di DLBK aku hampir tidak menemukan typo.



Oke, itu aja dari aku buat DLBK. Buku terkeren bulan ini, semoga aku bisa membaca buku-buku keren kayak DLBK lainnya. Psstt!! Jangan lupa buat simak review novel Dear Lovely Brother Kenan di akun instagramku @farinapratiwi99. Aku bakal ngebahas DLBK selama lima hari. So, simak reviewku ya. 😉

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[ REVIEW ] NOVEL LOTTA LOVE BY ANDHYRAMA

[ REVIEW ] NOVEL SURAYA BY NAFI'AH AL MA'RAB

[ REVIEW ] NOVEL INVALIDATE BY FARADITA